Sumbar News

The West Sumatera Tourism Info www.sumbarnews.blogspot.com
     

Partner Links

Regina Adventures
Jasa Web
Elvis Kasmir

 
Maninjau, Padek-Gebyar paralayang Internasional 2007, Minggu hari ini akan dibuka Menteri Pariwisata Jero Wacik dan dihadiri Menteri Sosial Bakhtiar Chamsyah.
Rangkaian gebyar promosi wisata tahunan Sumatera Barat diklaim bakal tampil beda dibanding tahun-tahun sebelumnya.Tak hanya gebyar paralayang yang menghadirkan 16 penerbang kelas dunia dan promosi wisata Agam secara khusus, tapi ajang paralayang Internasional yang dipusatkan di kawasan wisata Danau Maninjau juga untuk mempersiapkan tim paralayang Agam menghadapi Porprov XI Sumbar 2009 mendatang.

Bupati Agam Aristo Munandar kepada Padang Ekspres di Lubukbasung menyebutkan, ivent paralayang Internasional 2007 yang dibuka Menteri Pariwisata, dihadiri Mensos Bakhtiar Chamsyah dan para pejabat daerah se-Sumbar tersebut merupakan peluang luar biasa bagi Kabupaten Agam dalam mempromosikan keunggulan potensi yang dimiliki Kabupaten Agam.

Dijelaskan, Agam memiliki 55 objek wisata alam, 21 objek wisata budaya, 15 wisata sejarah, 3 objek wisata bahari dan wisata minat khusus sebanyak 3 objek wisata yang diminati wisatawan.Ivent paralayang dilaksanakan sejak tahun 1997. Potensi tersebut dinilai banyak pihak sangat luar biasa dengan ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut sehingga para penerbang bisa terbang lama di udara.

Keunggulan lain yang dimiliki kawasan wisata Maninjau dengan terbang layang adalah pemandangan yang indah, perpaduan antara hijaunya pegunungan dan kemilau air danau, diselingi hamparan sawah dan perkampungan penduduk.Adanya turboloce dari pemanasan air Danau Maninjau yang bisa mengangkut para penerbang terbang lebih tinggi dari lokasi start, apalagi masyarakat sudah menerima paralayang sebagai daya tarik wisata.

Disebutkan Aristo Munandar iven paralayang yang dikenal dengan nama Fun & Fly in Lake Maninjau yang tahun ini diikuti 16 penerbang kelas dunia itu diramaikan dengan berbagai kegiatan lain di antaranya eksebisi off road dan motor trail. “Kita berharap iven tahun ini memberi warna lebih bagi upaya pengembangan potensi wisata Danau Maninjau,” ulasnya.

Kawasan wisata Danau Maninjau, bagi masyarakat Kabupaten Agam merupakan kebanggaan luar biasa yang diandalkan untuk memotivasi kegiatan ekonomi masyarakat, sehingga agenda pemerintah tak hanya mendorong optimalnya potensi yang dimiliki, tapi juga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bahkan Aristo mengaku optimis, ke depan potensi wisata tak hanya berdenyut dengan membanjirnya wisatawan ke Kabupaten Agam, tapi juga berdampak positif bagi pengembangan potensi kesenian anak nagari dan aktivitas ekonomi anak nagari,” dampak multi kompleksnya diharapkan bisa dinikmati masyarakat luas,” ulas Bupati Agam itu lagi.

Andalan Sumbar

Di sisi lain, potensi wisata Danau Maninjau menjadi andalan wisata Sumbar bahkan dalam MoU yang ditandatangani bersama gubernur dan para kepala daerah se Sumbar, dimana Maninjau menjadi salah satu andalan yang harus mendapat perhatian khusus.

Hanya saja untuk pengembangan potensi wisata tersebut, Pemkab Agam hanya jalan sendiri, termasuk dalam moment fun & fly in lake Maninjau saat ini, tak didukung penuh oleh Pemprov Sumbar.Kesepakatan bersama yang ditandatangani 1 Mei 2006, berkait masalah program pengembangan kepariwisataan di Sumbar berisi delapan poin kesepakatan, yang intinyanya Pemprov Sumbar mendukung penuh kegiatan wisata di daerah.

“Kita harus mempersiapkan berbagai hal sendiri, siapkan dana sendiri, serta lakukan pendekatan sendiri, sehingga kegiatan bisa dilaksanakan,” ujar H. Junaidi, Kadinas Pariwisata seni dan budaya Kabupaten Agam.
Secara eksplisit, pihaknya mengaku kecewa dengan kondisi demikian, pasalnya sebagai potensi wisata unggulan di Sumatera Barat, Pemprov Sumbar mestinya memberikan dukungan dan pembinaan, sehingga kegiatan yang sudah berjalan sejak tahun 1997 itu bisa berjalan lebih maksimal.

Diyakinkan, ke depan pihaknya akan melakukan serangkaian pendekatan dan mempersiapkan acara secara maksimal, sehingga fun & fly in lake Maninjau bisa menghadirkan berbagai acara lain yang bisa menyuguhkan sajian lebih menarik untuk masyarakat. (men)

Sumber :(Padang Ekspress)

posted by Elvis Kasmir at 8:56 PM

0 Comments:


Post a Comment

 
About Me
Name:
Elvis Kasmir
Location:


View My Profile

Previous Posts
Pengaman Pantai Padang Belum Memadai
Pemerintah harus ubah Konsep Pariwisata
Grup Hotel Bintang Lima di Dubai dan Qatar Tawarka...
PT.KEUMALA SARANA WISATA
Danau Kembar diatas dan dibawah
reginabahariindo adventures and marine tourism
Introduction about us

Archives
04/11/07
05/07/07
05/08/07
05/18/07
05/31/07
06/10/07
06/16/07
06/17/07
07/19/07
08/11/07
11/08/07


Powered by Blogger
     
optional footer
blogger template designed by savatoons web design.